News Header

Tanggap Perubahan Iklim dan SDGS, JICT Gelar Semiloka Lingkungan Hijau

PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) bekerjasama dengan Green Dock School binaan yakni SMK Tanjung Priok 1 dan Yayasan Jala Samudera Mandiri menggelar seminar serta lokakarya (semiloka) gerakan hijau. Acara tersebut diberi tajuk Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan di Sekolah dan masyarakat.

“Kegiatan semiloka ini bertujuan untuk membangun pemahaman sekaligus metode pengelolaan kegiatan lingkungan hidup di sekolah dan masyarakat. Penting bagi anak-anak usia sekolah untuk menerapkan kegiatan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) dengan semantiasa menjaga kebersihan, sanitasi dan drainase. Hal ini sesuai dengan SDGS dan tanggap perubahan iklim global yang sedang terjadi,” ujar Direktur Utama JICT Ade Hartono saat meresmikan kegiatan semiloka di Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Utara, pada Rabu (27/7/2022).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Achmad Hariyadi mengapresiasi kegiatan semiloka yang diinisiasi oleh JICT. Menurutnya program ini akan menjadi penguatan kapasitas siswa dalam peningkatan kepedulian terhadap lingkungan.

“Dalam kegiatan ini kita bisa melihat bagaimana siswa diajarkan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), menggalakkan penanaman pohon, konservasi air lewat teknologi dan perilaku sosial, serta kegiatan konservasi energi tanpa mengurangi produktivitas masyarakat,” ujar Achmad.

Dalam acara tersebut, diisi juga dengan penyerahan mesin pencacah sampah, penampilan grup musik Rumah Belajar (Rumbel) JICT, dan seminar tentang gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup sehat di sekolah oleh Slamet Daroyni dari International Council For Local Environmental Initiatives (ICLEI)

Menurut Corporate Affairs Manager JICT Indhira Lestari, kegiatan ini akan berlanjut dengan penyusunan rencana kegiatan gerakan peduli lingkungan hidup sehat di sekolah.

“Nantinya siswa akan menyusun time frame selama satu bulan dan akan dipresentasikan untuk tahapan implementasi. Para siswa akan melaksanakan penerapan manajemen sampah dan gerakan penghijauan lingkungan,” uhar Indhira.

Adapun program Green Dock School merupakan salah satu program CSR JICT di bidang pendidikan dan lingkungan yang sudah dilaksanakan selama kurang lebih 15 tahun.

Atas pencapaian ini, JICT telah meraih ISDA (Indonesian Sustainable Development Goals Award) dalam kategori kesetaraan dan partisipasi perempuan serta kategori pendidikan berkualitas pada tahun 2021.


OTHER NEWS


JICT Meresmikan 2 Quay Container Cranes (QCC) Super Post Panamax
Related News Image

23 June 2022

Jakarta, 09 Juni 2022 PT Jakarta International Container…


Memperingati HUT Ke 23, JICT Adakan Aktivitas Seru Untuk Pekerja
Related News Image

04 April 2022

Memperingati Hari Jadi Operasional Jakarta International Container Terminal…



Jakarta International Container Terminal