Q & A
1.  Q : Bagaimana cara mendapatkan User & Password?
      A : Importir/eksportir/PPJK dapat mendaftrakan perusahaannya ke customer Care JICT dengan cara datang langsung atau 
            Via email ke Customer.care@jict.co.id

2.  Q : Lampiran pendaftaran user & password:
      A : Dokumen yang harus disiapkan : 
          a.  Surat permohonan dengan kop surat perusahaan disertai dengan alamat email yang akan digunakan sebagai alamat
          b.  Konfirmasi transaksi/pengiriman online invoice
          c.  Photo copy/scan NPWP &  NIB perusahaan
          d.  Photo copy/scan KTP/NIP calon pemilik akun
          e.  Daftar perusahaan relasi atau yang di urus di JICT (Hanya berlaku bagi PPJK/Forwarding)

3.  Q : Kenapa sudah punya akun tapi tidak dapat login ke Gboss Webi ? 
      A : Silahkan menghubungi customer care dengan cara datang langsung atau via email ke customer.service@jict.co.id

4.  Q : Bagaimana cara menambahkan relasi perusahaan pada akun saya?
      A : Mengajukan permohonan kepada customer care dengan membawa / melampirkan dokumen bea dan cukai.

5.  Q : Bagaimana Cara Cek Lokasi Kontainer / tracking container ?
      A : Cek pada portal JICT (https://www.jict.co.id) atau di Gboss Webi (https://my.jict.co.id)
      
6.  Q : Bagaimana cara bertransaksi Impor di Gboss Webi?
      A : 1. Akses alamat Gboss webi di https://my.jict.co.id
            2. Pilih Gboss ---> masukan User & Password
            3. Pilih Mybill,
            4. Pilih Order Impor,
            5. Pilih transaction Type ---> Impor Standar 
            6. Input Nama perusahaan sesuai dokumen 
            7. Pilih Custom Docs Type --> Jenis dokumen pabean yang akan di transaksikan
            8. Input nomor dokumen pabean di "Customer No", Jika dokumen pabean online, maka akan tampil secara otomasi 
                tanggal dan detail docs.
            9. Input DO Number sesuai dengan data online 
            10. Input tanggal Paid thru -----> Continue
            11. Pilih data container yang akan di transaksikan--->Continue
            12. Perkiraan biaya storage akan tampil ----> Generate Proforma
            13. Soft copy Invoice akan dikirim ke email konfirmasi secara otomatis dalam bentuk PDF setelah dilakukan 
                  pembayaran proforma
            14. Print E-Tikcet

7.  Q : Bagaimana cara Cek online dokumen pabean?
      A : 1. Akses alamat Gboss webi di https://my.jict.co.id
            2. Pilih Kios & TPS Online
            3. Pilih Infromation
            4. Pilih SPPB/BC 2.3 /TPFT ---> input data sesuai kolom isian
            5. Tampil detail data dokumen jika nomor dokumen pabean tersebut online
            Keterangan:
            1. Dokumen lain selain SPPB/BC 2.3/TPFT, cek online dokumen bisa tanyakan langsung ke 
                 Customer care JICT via Telepon/email/ datang langsung.
            2. Jika Dokumen pabean tersebut offline, silahkan lakukan ondemand data

8.  Q : Bagaimana jika dokumen pabean offline dan muncul error message "no data customs found ebilling trx_types" ?
      A : 1. Akses alamat Gboss webi di https://my.jict.co.id
            2. Pilih Kios & TPS Online
            3. Pilih TPS ONLINE (ON DEMAND), sesuaikan dengan dokumen pabean anda
            4. Input data pada kolom isian, sesuai dengan dokumen pabean--> submit
            Keterangan:
            1. Hasil ondemand dokumen ada dua, yaitu:
                  a. Succes----> dokumen sudah online, silahkan lanjutkan transaksi
                  b. error message/ no data ---> on demand gagal,  silahkan hubungi Customer Care JICT
            2. Dok Manual & PABEAN (untuk Type dokumen selain SPPB, BC 2.3, SPJM, PEB, NPE & SP3BE)

9.  Q : Bagaimana Cek Online DO Shipping Line?
      A : A. Akses alamat Gboss webi di https://my.jict.co.id
            1. Search DO OnLine--> Checking Do For Customer
            2. Pilih Filter untuk melakukan pencarian berdasarkan DO / BL / Nomor Container
            3. Input data sesuai dengan dokumen fisik pelayaran ---> search
            4. Data online dokumen SL akan muncul
            5. Jika di Klik kolom data DO Online, maka detail DO akan Tampil
            B. Tools pengecekan Online DO disediakan didalam masing-masing akun
            1. Akses alamat Gboss webi di https://my.jict.co.id
            2. Pilih Gboss ---> masukan User & Password
            3. Pilih Shipping Line ---> DO Check
            3. Pilih Filter untuk melakukan pencarian berdasarkan DO / BL / Nomor Container
            4. Input data sesuai dengan dokumen fisik pelayaran ---> search
            5. Data online dokumen SL akan muncul
            6. Jika di Klik kolom data DO Online, maka detail DO akan Tampil

10. Q : Bagaimana Jika DO Pelayaran saya Offline?
      A :  1. Hubungi Pelayaran terkait untuk melakukan sending ulang data ke system JICT
            2. cek ulang online DO di My JICT jika sudah mendapat konfirmasi
            3. Minta Pelayaran untuk email konfirmasi ke JICT, agar bisa ditransaksikan billing front office, 
                Jika pelayaran gagal sending ulang data DO ke system JICT.

11. Q : Bagaimana cara mencetak e-tiket di Webi?
      A : 1. lakukan pembayaran atas proforma yang sudah di transaksikan
            2. Pilih menu E-Ticket
            3. Input nomor Proforma ---> Search
            4. Pilih Nomor container ----> generate Container
            5. Print / download E-ticket

12. Q : Bagaimana caranya re-print invoice?
      A : 1. Pengguna jasa dapat melakukan re-print invoice di Webi selama bertransaksi di Webi
            2. Invoice dapat di re-send ke email konfirmasi maksimal selama 60 hari sejak invoice diterbitkan
            Cara re-print/re-send invoice:
            1. Pilih My Invoice
            2. Pilih invoice yang akan di cetak ulang
            3. Klik send to email
            4. Soft copy Invoice akan terkirim ke email konfirmasi secara otomatis dalam format PDF

13. Q : Bagaimana jika lupa password akun Gboss?
      A : 1. Password akun gboss dapat di reset ulang oleh petugas customer care
            2. permohonan dapat disampaikan melalui email atau datang langsung ke customer care JICT
            3. Syarat reset password : 
                a. Surat permohonan berkop surat resmi
                b. Foto Copy NIP  atau NPWP Perusahaan
            4. Password baru akan terkirim secara otomatis ke email konfirmasi.

14. Q : Bagaimana cara merubah email konfirmasi?
      A : 1. alamat email konfirmasi dapat dirubah oleh  petugas customer care
            2. permohonan dapat disampaikan melalui email atau datang langsung ke customer care JICT
            3. Syarat reset password : 
                a. Surat permohonan dengan kop surat resmi
                b. Foto Copy NIP  atau NPWP Perusahaan
                c. Alamat email yang baru